Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sejarah Berdirinya Provinsi Nusa Tenggara Timur

Sejarah Berdirinya Provinsi 

Nusa Tenggara Timur 

NTT ( Indonesia : Nusa Tenggara Timur – NTT) adalah provinsi paling selatan di Indonesia . Ini berada dibagian timur Kepulauan Sunda Kecil , menghadap Samudera Hindia di selatan dan Laut Flores di utara. Ini terdiri lebih dari 500 pulau, dengan yang terbesar adalah Sumba , Flores , dan bagian barat Timor ; yang terakhir berbagi perbatasan darat dengan negara Timor Timur yang terpisah . Provinsi NTT dibagi menjadi dua puluh satu kabupatendan Kota Kupang setingkat kabupaten yang merupakan ibu kota dan kota terbesar .

Di wilayah mayoritas Kristen , Nusa Tenggara Timur adalah satu-satunya provinsi di Indonesia di mana Katolik Roma adalah agama yang dominan. Provinsi ini memiliki luas total 47.932,54 km 2 dan jumlah penduduk 5.325.567 pada Sensus 2020;  perkiraan resmi pada pertengahan tahun 2021 adalah 5.387.738. Secara ekonomi, NTT masih tetap menjadi salah satu provinsi terbelakang di Indonesia. Saat ini fokus pada perluasan sektor wisata, dengan atraksi paling terkenal termasuk Labuan Bajo , Taman Nasional Komodo , dan Gunung Kelimutu .

Sejarah 
Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Indonesia bagian timur menyatakan Negara Indonesia Timur . selanjutnya dimasukkan ke dalam Republik Indonesia Serikat sebagai bagian dari janji dengan Belanda yang tertuang dalam penyerahan kedaulatannya kepada Indonesia pada tahun 1949.

Pada era 1950, Indonesia Serikat membubarkan diri menjadi negara kesatuan dan mulai membagi wilayah komponennya menjadi provinsi-provinsi. Pada tahun 1958, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia ( Undang-Undang ) No. 64/1958, di Kepulauan Sunda Kecil Terbentuk tiga provinsi , yaitu Bali , Nusa Tenggara Barat , dan Nusa Tenggara Timur. Wilayah Provinsi NTT meliputi bagian barat pulau Timor , Flores, Sumba dan beberapa pulau kecil lainnya di wilayah tersebut. Provinsi NTT dibagi lagi menjadi dua belas kabupaten dan Kota Kupang yang berstatus setingkat kabupaten.

Setelah jatuhnya Presiden Suharto pada tahun 1998 dan pengesahan undang-undang otonomi daerah yang baru, terjadi pemekaran yang sangat dramatis (dikenal sebagai pemekaran ) pemerintah daerah di seluruh Indonesia (baik di tingkat provinsi maupun kabupaten). Beberapa kabupaten baru dibentuk di NTT dengan pemekaran dari kabupaten yang ada:

Pada tahun 1999, Kabupaten Lembata baru terbentuk setelah pemekaran dari Kabupaten Flores Timur .
Pada tahun 2002, Pulau Rote dan Ndao dimekarkan dari Kabupaten Kupang , membentuk Kabupaten Rote Ndao yang baru .
Pada tahun 2003, Kabupaten Manggarai dimekarkan menjadi dua dan terbentuklah Kabupaten Manggarai Barat yang baru .
Pada tahun 2007, administrasi provinsi Nusa Tenggara Timur diperluas dengan pembentukan empat kabupaten baru – Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya (keduanya terputus dari Kabupaten Sumba Barat ), Nagekeo (terpisah dari Kabupaten Ngada ) dan Manggarai Timur ( terpisah dari Kabupaten Ngada). Kabupaten Manggarai ).

Pada bulan Oktober 2008 kabupaten selanjutnya – Sabu Raijua (terdiri dari gugusan Kepulauan Sabu) – dibentuk dari sebagian Kabupaten Kupang yang tersisa .
Pada bulan Desember 2012, kabupaten lain – Malaka – dibentuk dari bagian selatan Kabupaten Belu .
Karena itu, mulai awal tahun 2013, terdapat dua puluh satu kabupaten ditambah satu kota otonom ( Kupang ) di provinsi tersebut.

Geografi
Terletak di sebelah timur Kepulauan Sunda Kecil, Nusa Tenggara Timur menghadap Samudera Hindia di selatan dan Laut Flores di utara. Provinsi ini berbatasan dengan provinsi lain, di sebelah barat dengan Nusa Tenggara Barat dan di sebelah timur dengan Timor Leste dan Maluku bagian selatan .
Provinsi ini terdiri dari sekitar 566 pulau, yang terbesar dan paling dominan adalah Flores , Sumba , dan Timor bagian barat . Pulau-pulau yang lebih kecil antara lain Adonara , Alor , Komodo , Lembata (sebelumnya disebut Lomblen), Menipo , Raijua , Rincah , Pulau Rote (pulau paling selatan di Indonesia), Sawu , Semau , dan Solor . Titik tertinggi di provinsi ini adalah Gunung Mutis di Kabupaten Timor Tengah Selatan , 2.427 meter di atas permukaan laut.

Demografi 
Populasi Sensus provinsi ini adalah 4.683.827 pada tahun 2010 dan 5.325.566 pada tahun 2020, tetapi perkiraan terbaru adalah 5.387.738 (per pertengahan 2021).

Tingkat partisipasi sekolah menengah 39% secara dramatis di bawah rata-rata Indonesia (80% pada tahun 2003/04, menurut UNESCO). Kurangnya air minum bersih, sanitasi, dan fasilitas kesehatan menyebabkan kekurangan gizi anak (32%) dan kematian anak (71 per 1000) lebih tinggi daripada di sebagian besar wilayah Indonesia lainnya. Kematian ibu dan bayi tinggi sebagian karena akses yang buruk ke fasilitas kesehatan di daerah pedesaan yang terpencil. [25] Malaria merupakan masalah yang signifikan di beberapa bagian provinsi sehingga angka kematian bayi yang disebabkan oleh malaria, dalam beberapa tahun terakhir, adalah yang tertinggi di seluruh Indonesia.

Ekonomi
Dengan beberapa indikator ekonomi, perekonomian provinsi lebih lemah dari rata-rata Indonesia dengan inflasi yang tinggi (15%), pengangguran (30%) dan tingkat suku bunga (22-24%), menjadikannya salah satu provinsi termiskin di Indonesia.

Pertanian 
Pohon lontar memiliki arti penting yang tinggi dalam pertanian lokal
Bagian utama dari kegiatan ekonomi di provinsi ini adalah pertanian subsisten . Tanaman lokal yang penting termasuk jagung dan beberapa tanaman perkebunan rakyat seperti kopi. Di beberapa tempat seperti Sumba , lontar ( Borassus flabellifer ) mendominasi kegiatan pertanian lokal dan merupakan bagian yang sangat penting dari ekonomi lokal. Di daerah ini, lontar menyediakan kayu dan jerami serta makanan berupa buah-buahan, dan gula aren yang diperoleh dengan menyadap batang buah. Getah manis dapat digunakan untuk membuat minuman beralkohol. Di bagian lain provinsi seperti Manggarai Barat, aren ( Arenga pinnata ) memiliki peran yang berguna dalam perekonomian lokal. Tingkat mekanisasi dalam pertanian rendah. Hewan besar (kerbau, kuda) banyak digunakan di seluruh provinsi.

Sumber daya alam 
Sebagian besar kegiatan ekonomi di provinsi ini melibatkan pengembangan sumber daya alam , termasuk kehutanan dan berbagai usaha pertambangan lokal . Beberapa kegiatan tersebut kontroversial, karena kontrol regulasi atas penggunaan sumber daya alam tidak selalu efektif. Terjadi sengketa di beberapa daerah mengenai penggunaan tanah. Pertambangan mangan , misalnya, di bagian tengah pulau Timor telah menjadi kontroversi. [30] Di dekatnya, di daerah Gunung Mutis di sebelah timur Kupang, di antara beberapa kelompok lokal ada kekhawatiran tentang cara sumber daya lokal dikembangkan oleh perusahaan pertambangan.

Ada juga aktivitas yang signifikan di sektor pertambangan informal. Di seluruh provinsi, penduduk desa terkadang memanfaatkan peluang lokal untuk melakukan pertambangan yang tidak diatur atau proyek berbasis mineral. Di Timor Barat, misalnya, di Kabupaten Timor Tengah Selatan , penduduk desa yang tinggal di dekat pantai selatan di daerah Kolbano selatan kota Soe kadang-kadang mengumpulkan batu berwarna yang kemudian dijual kepada perusahaan yang mengekspor batu ke negara-negara seperti seperti Australia, Cina, Malaysia, Singapura, dan di tempat lain.

Nihi Sumba Aerial
Foto udara Nihi Sumba, sebuah resor di sepanjang Pantai Nihiwatu
Budidaya rumput laut merupakan kegiatan penting di beberapa bagian provinsi. Di Kepulauan Alor, misalnya, budidaya rumput laut informal berbasis desa membantu meningkatkan pendapatan lokal. Sebagian besar rumput laut diekspor dalam bentuk mentah, termasuk ke negara-negara seperti Jepang di Asia Utara. Salah satu pandangan adalah bahwa lebih banyak yang perlu dilakukan untuk mendorong pengolahan rumput laut domestik lebih lanjut untuk menambah nilai sebelum diekspor; namun, keterampilan dan fasilitas lokal untuk pemrosesan lebih lanjut tidak berkembang dengan baik dan tidak jelas apakah program untuk mendorong pemrosesan lebih lanjut akan berhasil.

Pertumbuhan dan perkembangan 
Tingkat kemiskinan di provinsi ini dibandingkan dengan bagian lain Indonesia relatif tinggi. Pada tahun 2010, 23% penduduk diklasifikasikan sebagai penduduk miskin (dengan menggunakan garis kemiskinan yang sangat sederhana, masing-masing sekitar $25 dan $17 per orang per bulan untuk daerah perkotaan dan pedesaan) dibandingkan dengan rata-rata seluruh Indonesia sebesar 13,3%. Jumlah anak jalanan di provinsi ini, misalnya, relatif tinggi. Kekurangan makanan lokal sering terjadi. Sekitar 50% anak-anak di provinsi ini menderita stunting .Tantangan dalam mempromosikan pembangunan dan meningkatkan standar hidup di daerah yang agak terisolasi di Indonesia seperti NTT cukup besar. Masalah utama pembangunan adalah sebagai berikut:

Perbedaan standar hidup antara daerah perkotaan dan pedesaan sangat besar; kemiskinan pedesaan tersebar luas.
Pertanian terbelakang dengan sedikit penggunaan teknologi atau modal modern, dan akses pasar yang buruk
Deforestasi , yang memperparah masalah pengelolaan air dan akses air di provinsi ini
Infrastruktur di provinsi ini belum berkembang. Jalan sering rusak, terutama di daerah pedesaan. Listrik di seluruh NTT relatif sedikit; penggunaan listrik pada tahun 2010 berada pada tingkat yang sangat rendah sekitar 90 kWh per kapita dibandingkan dengan tingkat seluruh Indonesia sekitar 630 kWh (dan seringkali lebih dari 10.000 kWh per kapita di negara-negara OECD utama ).

Akses terhadap air menjadi masalah utama. Provinsi ini kering hampir sepanjang tahun dan di daerah pedesaan, banyak desa harus bergantung pada mata air lokal yang tidak dapat diandalkan dan tidak diolah serta sumber lain untuk persediaan air. Persentase rumah tangga yang mengandalkan mata air sekitar 40% pada tahun 2010, tertinggi untuk provinsi manapun di Indonesia dan jauh di atas rata-rata seluruh Indonesia sebesar 14%. Oleh karena itu, kekurangan air merupakan masalah sosial dan politik lokal yang utama di provinsi ini.

Fasilitas pendidikan dan kesehatan lokal sangat buruk dan terabaikan. Meskipun jumlah sekolah dan klinik kesehatan setempat cukup memadai dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, kualitas layanan yang diberikan di lembaga-lembaga ini seringkali buruk. Dan di beberapa daerah, fasilitas utama tidak ada; Pada pertengahan tahun 2014 dilaporkan dua kabupaten (Manggarai Barat dan Manggarai Timur) tidak memiliki rumah sakit umum.
Sumber daya yang tersedia untuk pemerintah provinsi dan kabupaten sangat terbatas sehingga sulit bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan penyediaan layanan publik.

Pariwisata
Pemerintah provinsi bertujuan untuk mempromosikan pariwisata . Ada berbagai lokasi menarik di provinsi ini. Prasarana dasar untuk mendukung sektor pariwisata (seperti fasilitas transportasi, akomodasi, dan informasi yang memadai dan dapat diandalkan) perlu diperkuat tetapi beberapa fitur utama sektor pariwisata di provinsi ini antara lain:

- Pulau Komodo dengan komodo yang terkenal
- Gunung berapi Kelimutu di Flores yang berisi 3 danau kawah yang mencolok dengan berbagai warna
- Gunung Mutis di sebelah timur Kupang, titik tertinggi di provinsi ini dan daerah yang terkenal untuk hiking & mengamati burung
- Semana Santa di Larantuka
- Perumahan tradisional dan pasola di Pulau Sumba
- Menyelam Alor di Pulau Alor
- Pantai Nemberalla di Rote Ndao
- Pantai Pink di Pulau Padar
- Taman 17 di Pulau Riung

Pada tahun 2016 Nusa Tenggara Timur berhasil meraih 6 medali dari 10 kategori yang tercatat dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016. Yaitu:

- Tempat selancar terpopuler: Pantai Nemberala, Kabupaten Rote Ndao
- Tempat kebersihan paling populer: Pantai Nihiwatu, Kabupaten Sumba Barat
- Situs Sejarah Ende Paling Populer: Situs Bung Karno (Proklamator Indonesia dan Presiden Indonesia pertama) Situs
- Tempat menyelam paling populer: Pulau Alor, Kabupaten Alor
- Labuan Bajo - Timur Yunani
- Objek wisata terpopuler: Pasola, Kabupaten Sumba Barat Daya
- Daerah dataran tinggi paling populer: tiga danau/kaldera warna berbeda di Gunung Kelimutu, Ende.

Berbagai kelompok masyarakat lokal di provinsi ini bekerja untuk mempromosikan industri pariwisata lokal meskipun, sampai saat ini, banyak dari kegiatan ini masih kurang berkembang dan perlu diperkuat.

Tokoh terkenal 
Tokoh-tokoh terkenal dari provinsi tersebut antara lain sebagai berikut:
- Adrianus Mooy , ekonom yang pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (1988–1993) dan Direktur Eksekutif ESCAP
- Ben Mboi , mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur
- Frans Seda , seorang politikus dan menteri keuangan Indonesia (1966–1968)
- Herman Johannes , ilmuwan, menteri pemerintah, dan Rektor Universitas Gadjah Mada (1961–1966)
- Izaak Huru Doko , seorang pejuang kemerdekaan yang mengorganisir perlawanan terhadap NICA Belanda (Netherlands-Indies Civil Administration) pada tahun 1940-an 
- Karina Nadila Niab , aktris, pembawa acara TV dan ratu kecantikan, Puteri Indonesia Pariwisata 2017 mewakili Indonesia di ajang Miss Supranational 2017 .
- Wilhelmus Zakaria Johannes , dianggap sebagai ahli radiologi Indonesia pertama di Indonesia. Rumah sakit WZ Johannes di Kupang dinamai menurut namanya. 

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments